Pemberian Bantuan Alat Pembelajaran Edukatif (APE) dan Sosialisasi Read Aloud Bagi Pos PAUD Bina Cendikia di Kelurahan Bareng Kota Malang

Kota Malang – Pos PAUD Bina Cendikia yang berlokasi di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen Kota Malang merupakan PAUD yang berdiri atas inisiatif dan swadaya warga kelurahan Bareng untuk menyediakan pembelajaran anak usia dini bagi warga sekitar. Pos PAUD yang telah beridiri cukup lama tentunya terus berupaya meningkatkan layanan pembelajaran yang lebih berkualitas melalui berbagai alat permainan yang edukatif. Kondisi sarana dan prasarana yang tersedia pada Pos PAUD belum cukup memadai untuk memberikan kualitas pembelajaran bagi para siswa PAUD. Begitu halnya dengan variasi alat permainan edukatif yang ada, sejauh ini alat permainan edukatif dibuatkan oleh para guru PAUD. Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Politeknik Negeri Malang dalam kegiatan pengabdian berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh Pos PAUD Bina Cendikia Kelurahan Bareng.

Pada awal bulan Februari 2023 dilakukan kegiatan observasi terhadap kebutuhan mitra. Pihak tim PPM Politeknik Negeri Malang yang diwaliki oleh Ibu Nike Nur Farida melakukan wawancara langsung dengan kepala sekolah dan guru terkait kendala dan kebutuhan mereka di sekolah. Didapati bahwa alat permainan edukatif yang tersedia masih jauh dari memadai. Dalam koordinasi juga diperoleh kesepakatan untuk memberikan seperangkat alat permainan edukatif yang mampu meningkatkan kemampuan Bahasa maupun kemampuan motorik.  

Kondisi Pos PAUD Bina Cendikia Kelurahan Bareng

Pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023 dilakukan serah terima alat permainan edukatif (APE) Funtastic Learning yang terdiri dari buku aktivitas dengan 10 tema berbeda seperti diriku, keluargaku, lingkungan, binatang, seni, bentuk dan warna, angka, huruf latin, huruf hijaiyah dan mengenai Islam. Selain itu juga terdapat board game dan kartu bermain yang dapat digunakan untuk siswa bermain secara berkelompok. Kegiatan diawali dengan sambutan dan serah terima APE dan kursi dari Polinema ke pihak mitra oleh Ibu Nike Nur Farida, S.Pd., M.Pd.. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan cara penggunaan APE oleh Ibu Ratna Monasari, S.T., M.T. selaku tim PPM Polinema Jurusan Teknik Mesin.


Serah Terima Alat Permainan Edukatif (APE) dan Bantuan Kursi

Selain itu kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi metode read aloud oleh Ibu Ratna Monasari, S.T., M.T. bagi para guru dan wali murid. Dalam kegiatan dijelaskan pentingnya membacakan cerita bagi anak sejak usia dini. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan literasi seorang anak ketika usianya nanti beranjak dewasa. Kemampuan berbahasa seorang anak terdiri dari beberapa aspek diantaranya membaca, menulis, berbicara dan mendengar. Dengan memiliki tingkat literasi yang tinggi seorang anak akan mudah untuk mengutarakan keinginannya kepada orang lain. Dijelaskan pula beberapa materi mengenai pemilihan buku bacaan yang cocok berdasarkan usia sehingga orang tua bisa menyediakan jenis buku yang tepat sesuai dengan kondisi anak.


Sosialisasi Read Aloud Bagi Para Wali Murid

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dengan menyediakan APE dual Bahasa bagi mitra yaitu Pos PAUD Bina Cendikia Kelurahan Bareng dilaksanakan dengan baik. Mitra telah menerima bantuan APE serta kursi bagi para siswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih berkualitas. Manfaat yang diperoleh dari pemberian APE dan sosialisasi yang diberikan adalah adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan kegiatan membaca di rumah bagi para siswa dan orang tua. Hasil penggunaan APE pada Pos PAUD Bina Cendikia terlihat dengan semakin antusiasnya para siswa untuk belajar di sekolah, selain itu kemampuan berbahasa siswa juga semakin baik dengan tersedianya APE tersebut. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel