TINGKATKAN KUALITAS PRODUK, POLINEMA SERAHKAN MESIN PENIRIS MINYAK KEPADA UMKM FANY WONOSARI

Kab. Malang - Usaha mikro kecil menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu negara. Salah satu UMKM yang melakukan proses pembuatan keripik adalah UMKM Fany yang dipimpin oleh Bapak Ahmat Sodiq. UMKM ini terletak di Desa Kebobang Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur. Bapak Sodiq telah menekuni usaha pembuatan keripik selama 3 tahun. Selama 3 tahun bergelut membuat keripik pisang secara perlahan membuahkan hasil, produk keripik pisang ini sudah semakin banyak dibeli masyarakat yang dititipkan di warung maupun dibeli oleh masyarakat sekitar dengan memesan terlebih dahulu atau dengan cara pre order. 

Gambar 1. Proses Pembuatan Kripik Secara Tradisional

Peralatan dan sarana prasarana yang digunakan untuk membuat proses pembuatan keripik masih terbilang sangat sederhana dan manual. Untuk bisa menghasilkan sebuah keripik yang berkualitas, Bapak Sodiq memerlukan waktu yang lama. Berdasarkan informasi mitra kapasitas produksi keripik pisang setiap hari rata-rata mencapai 20 kg dari bahan baku buah pisang kurang lebih 40 kg. Harga jual keripik pisang adalah Rp. 25.000 per kilogramnya. Dengan kapasitas produksi ini baru dapat memenuhi kebutuhan ke sejumlah pelanggan/ konsumen yang berada di sekitar dan sebagian kecil konsumen di kecamatan Wonosari. Kelompok UMKM Fany ini dalam memproduksi keripik masih menggunakan peralatan yang sederhana dan manual/tradisional.


Gambar 2. Keripik Pisang Produksi UMKM Fany

Polinema terus berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Jawa Timur melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) sebagai salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Lokasi PPM kali ini bertempat di UMKM Fany, Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang yang diketuai oleh Am. Mufarrih, S.Pd., M.T dan beranggotakan, Zakki Fuadi Emzain, S.Pd., M.Sc., Nanang Qosim, S.Pd., MT., Ratna Monasari S.T., M.T., Ir. Agus Harijono M.T. dan Ir. Pipit Wahyu Nugroho M.T. dengan melibatkan 5 orang mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin melakukan giat pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 10 Juni 2023 dengan memberikan pelatihan pengoperasian mesin peniris minyak kepada masyarakat desa Kebobang Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Pemilik UMKM Fany, Bapak Ahmat Shodiq saat menerima kedatangan tim PPM Polinema di kediamannya mengucapkan terima kasih atas bantuan mesin peniris kelapa sekaligus memberikan pelatihan kepada para karyawan dan warga sekitar. 

 

Gambar 3. Pelatihan pengoperasian mesin peniris minyak


Pemberian alat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas serta kapasitas produksi keripik pisang UMKM Fany, Sehingga kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar dapat meningkat.

 

Gambar 4. Serah Terima Alat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel