Pelatihan mesin pencampur bumbu otomatis pada UMKM Anugerah Abadi oleh tim PPM Polinema

Kab. Malang – Anugerah Abadi merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pembuatan bumbu marinasi yang berlokasi di Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji. Dalam mengembangkan usahanya UMKM Anugerah Abadi masih mengalami kendala yaitu keterbatasan alat yang digunakan masih manual dalam memproduksi bumbu dan para pekerja masih dari kalangan keluarga sendiri, sedangkan permintaan bumbu sudah datang dari luar kota. Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam kegiatan Pengabdian berusaha memberikan solusi atas kendala yang dialami oleh UMKM Anugerah Abadi tersebut.  

Pada hari Kamis tanggal 1 Juni 2023 tim PPM Polinema telah mengadakan kegiatan pengabdian bersama mitra UMKM Anugerah Abadi. Kegiatan PPM tersebut meliputi pemberian hibah mesin pencampur bumbu otomatis dan pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin pencampur bumbu otomatis kepada UMKM Anugerah Abadi. Kegiatan PPM ini diterima dan disambut dengan baik oleh Ibu Sujarwati selaku pemilik UMKM Anugerah Abadi.


Serah terima mesin pencampur bumbu otomatis kepada owner UMKM Anugerah Abadi

Setelah sambutan-sambutan dari Polinema dan UMKM Anugerah Abadi serta serah terima mesin pencampur bumbu otomatis, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin pencampur bumbu otomatis yang dilatih oleh Bapak Zakki Fuadi Emzain, S.Pd., M.Sc. selaku tim PPM Polinema Jurusan Teknik Mesin. Materi yang disampaikan mulai dari cara menyalakan mesin, cara mengatur putaran mesin, cara mematikan mesin, dan cara perawatan mesin agar durability mesin tetap terjaga hingga jangka panjang. Para peserta pelatihan dari kalangan anggota keluarga dan tetangga terlihat sangat antusias.


Pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin pencampur bumbu otomatis

Pihak mitra Ibu Sujarwati selaku owner UMKM Anugerah Abadi menyampaikan sangat berterima kasih atas adanya program pengabdian ini dengan penyediaan mesin pencampur bumbu otomatis dan pelatihannya. Dari kegiatan pengabdian ini terbukti terlihat adanya peningkatan proses produk UMKM Anugerah Abadi. Yang pada awalnya hanya dapat memproduksi bumbu marinasi 6 kg per jam, sekarang dengan menggunakan mesin pencampur bumbu otomatis menjadi 20 kg per jam atau naik sebesar 3,3 kali lipat. Hasil campuran bumbu juga semakin merata karena desain mesin yang didalamnya terdapat 4 vertikal vin yang membantu mempercepat bumbu teraduk dan bercampur.

Penggunaan mesin pencampur bumbu otomatis oleh mitra




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel