Tim PPM Polinema melatih keterampilan Pengusaha Roti di Kecamatan Singosari untuk meningkatkan kualitas kemasan produk

Kab. Malang – Tsuroyya Bakery merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang pembuatan berbagai jenis roti yang berlokasi di Desa Watugede, Kecamatan Singosari. Dalam mengembangkan usahanya UMKM Tsuroyya Bakery masih mengalami kendala yaitu keterbatasan alat dalam memproduksi dan minimnya pengetahuan dalam marketing. Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam kegiatan Pengabdian berusaha memberikan solusi atas kendala yang dialami oleh UMKM Tsuroyya Bakery tersebut.  

Pada hari Sabtu tanggal 1 April 2023 tim PPM Polinema telah mengadakan kegiatan pengabdian bersama mitra UMKM Tsuroyya Bakery. Kegiatan PPM tersebut meliputi pemberian hibah automatic plastic seal press machine, pelatihan pengoperasian dan perawatan automatic plastic seal press machine, dan pelatihan marketing kepada UMKM Tsurroya Bakery. Kegiatan PPM ini diterima dan disambut dengan baik oleh Bapak Syaiful selaku pemilik UMKM.

Serah terima automatic plastic seal press machine kepada owner UMKM Tsuroyya Bakery

Kegiatan diawali dengan sambutan dan serah terima mesin dari Polinema ke pihak mitra oleh Bapak AM. Mufarrih, S.Pd., M.T.. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pengoperasian dan perawatan automatic plastic seal press machine yang dilatih oleh Bapak Zakki Fuadi Emzain, S.Pd., M.Sc. selaku tim PPM Polinema Jurusan Teknik Mesin. Materi yang disampaikan mulai dari cara menyalakan mesin, cara pengaturan suhu, cara proses penyegelan kemasan, cara mematikan mesin, dan cara perawatan yang tepat terhadap mesin agar performa mesin tetap stabil. Tidak hanya itu, demo tutorial penyegelan kemasan dari salah satu produk roti juga diperagakan. Para peserta pelatihan sangat antusias terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi dan banyaknya tanya jawab yang terjadi.
Pelatihan pengoperasian dan perawatan automatic plastic seal press machine

Kegiatan pelatihan selanjutnya adalah pelatihan marketing product dengan mendatangkan narasumber Mahasiswa Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang yaitu Humaira Fathma. Beliau memberikan materi tentang tips dan strategi pemasaran produk, bagaimana cara membuat konten pemasaran dengan pilihan dan sususan kata-kata yang cantik dan persuasif sesuai dengan subjek customer yang ditarget, waktu yang tepat untuk mengiklan, dan aplikasi Android yang dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk membuat konten pemasaran seperti Whatsapp Business, Canva, VN Video Editor, dan CapCut.
Kegiatan pengabdian yang telah diselenggarakan dihadiri sebanyak 10 pelaku usaha mikro di daerah sekitar UMKM Tsuroyya Bakery Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pihak mitra Pak Saiful selaku owner UMKM Tsuroyya Bakery menyampaikan sangat berterima kasih atas adanya program pengabdian ini dengan penyediaan automatic plastic seal press machine dan pelatihan-pelatihan pendukungnya. Dari kegiatan pengabdian ini menunjukan terjadi peningkatan kemasan produk para pelaku UMKM Tsuroyya Bakery yang produk utamanya adalah roti. Yang pada awalnya tidak menggunakan alat apapun dengan plastik biasa sehingga masih rentan kurang rapat dan setelah menggunakan automatic plastic seal press machine ini terbukti kemasan semakin rapat, kuat, dan tidak bocor. Wawasan peserta para pelaku usaha mikro terkait strategi marketing product juga bertambah. Sehingga kegiatan pengabdian ini sangat membantu sekali bagi UMKM Tsuroyya Bakery dan para pelaku usaha mikro tetangga sekitar untuk meningkatkan kemasan produk dan meningkatkan daya saing dengan produk-produk pabrik.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel