TINGKATKAN KOMPETENSI SISWA, POLINEMA GELAR PELATIHAN PENGGUNAAN JANGKA SORONG DI MA ALMAARIF SINGOSARI

Kab. Malang - Kegiatan praktikum pada umumnya tidak terlepas dari kegiatan pengamatan dan pengukuran. Praktikum IPA, khususnya Fisika, banyak sekali menggunakan alat ukur yang memiliki karakteristik masing-masing yang membutuhkan keterampilan tertentu dari pengguna atau praktikan. Beberapa alat ukur Fisika yang sering digunakan antara lain: jangka sorong, mikrometer sekrup, termometer, neraca pegas, stopwatch, dan multimeter analog. Ketika melakukan pengukuran tidak terlepas dari besaran dan satuan. Selain itu, pengukuran dalam praktikum untuk mendapatkan data dapat dilakukan secara tunggal ataupun berulang. Kedua pengukuran ini tentu saja memiliki taraf ketelitian yang berbeda. Pengetahuan mengenai aturan angka penting dan operasinya, memegang peranan bagaimana data hasil pengukuran disajikan. Metrologi merupakan bagian penting dalam penelitian ilmiah, dan sebaliknya penelitian ilmiah menjadi basis pengembangan metrologi itu sendiri. Metrologi berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan secara umum. Karena itu, agar metrologi dapat selalu mendukung industri dan kegiatan penelitian, ilmu metrologi itu sendiri harus terus-menerus dikembangkan untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang digunakan di industri. MA Almaarif singosari merupakan salah satu madrasah swasta di kabupaten malang. Kegiatan praktikum IPA di sekolah ini masih kurang optimal karena sarana perlatan yang belum lengkap, terutama alat ukur seperti jangka sorong dan alat peraga ukurnya. Hal ini berakibat pada pengetahuan dan ketrampilan siswa kurang optimal.


Polinema terus berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Jawa Timur melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) sebagai salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Lokasi PPM kali ini bertempat di MA Almaarif, Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang yang diketuai oleh Ir. Agus Harijono, MT dan beranggotakan Am. Mufarrih, S.Pd., M.T,  Nanang Qosim, S.Pd., MT. dan Gumono, S.T., M.MT dengan melibatkan 3 orang mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin melakukan giat pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 10 September 2022 dengan memberikan pelatihan penggunaan jangka sorong kepada siswa MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Kepala Laboratorium IPA, Ibu Umu Salamah, S.Pd., saat menerima kedatangan tim PPM Polinema di kantornya mengucapkan terima kasih atas bantuan jangka sorong dan alat peraga pengukuran sekaligus memberikan pelatihan kepada para siswa.
Kiri-Kanan: Am. Mufarrih, Ibu Umu Salamah

Pemberian jangka sorong dan alat perga pengukuran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pengukuran. Sehingga kompetensi dan daya saing siswa meningkat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel