BANTU KINERJA UMKM, POLINEMA SERAHKAN HOMEMADE HANGER TOOL KEPADA UMKM DI TULUNGAGUNG

Kab. Tulungagung - Desa Sukodono merupakan salah satu desa di Kabupaten Tulungagung yang terletak di bagian utara, tepatnya di Kecamatan Karangrejo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri. Potensi lokal yang kemungkinan untuk dikembangkan antara lain dibidang pertanian dan industri. Sedangkan rata-rata pekerjaan penduduk adalah sebagai petani, pedangang, sopir, dan industri-industri rumah tangga. Desa Sukodono ini terkenal dengan banyaknya industri pengelasan dengan skala rumahan. Ada lebih dari 12 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di desa ini. Polinema sebagai bagian dari perguruan tinggi di jawa timur pun terpanggil untuk melakukan kegiatan Pengabdian masyarakat dengan menyasar UMKM yang selama ini dirasa belum optimal mendapatkan perhatian padahal memiliki potensi yang luar biasa. Polinema terus berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Jawa Timur melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) sebagai salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Lokasi PPM kali ini bertempat di UD. Buana Putra Sumber Rizki, Desa Sukodono, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang yang diketuai oleh Utsman Syah Amrullah, S.T., M.T. dan beranggotakan Am. Mufarrih, S.Pd., M.T, Zakki Fuadi Emzain, S.Pd., M.Sc.. dan Nanang Qosim, S.Pd., M.T. dengan melibatkan 2 orang mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin melakukan giat pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 21 Agustus 2021 dengan memberikan pelatihan pengoperasian homemade hanger tool kepada masyarakat desa sukodono Tulungagung. Pemilik UD. Buana Putra Sumber Rizki, Bapak Khudori saat menerima kedatangan tim PPM Polinema di kediamannya mengucapkan terima kasih atas bantuan homemade hanger tool sekaligus memberikan pelatihan kepada para karyawan dan warga sekitar. 

Kiri-Kanan: Am. Mufarrih, Bpk. Khudori

Pemberian alat ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi gantungan baju. Sehingga kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar dapat meningkat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel